Oleh: Robby Fauzan Taufiq Rahman | Mei 20, 2009

Ilmu

Di dalam Al-Quran terdapat banyak sekali dalil yang menyatakan atas keutamaan ilmu. Diantaranya , firman Allah Ta’ala : “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derakat (Q.S : Al-Mujadilah : 11)

Ilmu itu sendiri dibentuk dari tiga huruf ‘Arab

  1. Ain diambil dari kata ‘iliyyin, yang maha tinggi, dengan demikian orang yang mempunyai ilmu di manapun berada akan mempunyai kedudukan yang tinggi baik dari masyarakat sekitarnya maupun dari Allah. Kita bisa melihat dan memperhatikan bagaimana kedudukan orang berilmu, sehingga walau sudah meninggal namanya masih ahrum dan bergema di seluruh penjuru dunia.
  2. Lam, diambil dari kata ” Latif” yang artinya lembut, penyantun; itu berarti orang yang berilmu akan dikaruniai sifat lemah lembut, penyayang dan bahkan penyantun pada setiap makhluk yang ada di muka bumi.
  3. Ma, diambil dari kata “maalik” yang berarti raja, penguasa, yang menguasai; itu berati orang yang berilmu akan dikarunia anugrah yang luar biasa dengan ilmunya, orang berilmu akan mampu menguasai dunia, apapun keadaan

Tinggalkan komentar

Kategori