Oleh: Robby Fauzan Taufiq Rahman | Mei 21, 2009

HAL YANG DIBUTUHKAN OLEH ORANG YANG MENCARI KESELAMATAN DI AKHIRAT

Setiap orang, siapapun dia tentu mengharapkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Perkara yang dibutuhkan oleh orang yang sedang mencari kebahagiaan akhirat tanpa meninggalkan kebahagiaan akhirat adalah takwa kepada Allah SWT.
Yang dinamakan takwa adalah “menjalankan hal-hal yang diperintahkan Allah dan menjauhi hal-hal yang dilarang Allah baik secara lahir maupun secara batin. Maksudnya melaksanakan segala perintah Allah karena semata-mata melaksanakan perintahnya bukan karena perintah orang lain atau karena sesuatu hal begitu pun dalam meninggalkann larangannya, semata-mata karena melaksanakan perintah untuk meninggalkannya bukan karena tidak senang atau pun karena ada paksaan dari pihak lain selain Allah disertai dengan rasa malu dan takut terhadap Allah SWT. Serta menunjukkkan rasa horamat dan mengagungkan-Nya.
Sebagian ulama berkata : ” Tidak ada pertolongan selain pertolongan Allah, tidak ada petunjuk selain petunjuk dari Allah, tidak ada contoh yang patut ditiru selain apa yang dicontohkan Rasullalah.
Orang yang bertakwa akan mempunyai 4 tanda dan sifat seperti yang tercantum dari bentukan huruf takwa itu sendiri :
1. Tawadhu ; yaitu satu sifat yang sangat terpuji, tawadu maksudnya rendah hati, tidak sombong baik kepada Allah, maupun kepada makhluk Allah lainnya , Orang yang bertakwa akan selalu menunjukkan sifat rendah hati kepada siapapun. Karena orang yang bertakwa akan menyadari sepenuhnya kalau di dalam dirinya tidak punya kemampuan apapun kalau Allah SWT tidak memberikan kemampuan kepadanya. Orang yang bertakwa akan selalu merasa orang lain lebih tinggi darinya, walau pada kenyataannya dirinya lebih dari orang lain. NAmun karena sifat tawadhu telah tertanam dalam jiwanya, hatinya akan merasakan semua yang ada pada dirinya bukan milik dia tapi hanya merupakan amanat yang diberikan Allah kepadanya.
2. Qanaah, sifat qanaah adalah suatu sifat yang tertanam dalam hati orang yang bertakwa kalau apa yang diberikan Allah kepadanya telah cukup. Qanaah artinya merasa cukup dengan apa yang ada pada di dirinya. Orang yang bertakwa hatinya akan selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepadanya, karena hatinya selalu merasa cukup dengan apa yang diberikan padanya. Orang yang bertakwa takan merasa iri atas karunia Allah yang diberikan kepada orang lain. Karena dia punya keyakinan kalau apa yang diberikan kepadanya adalah yang terbaik baginya. Orang yang qanaah akan punya keyakinan yang kuat dan akan selalu bersyukur atas nikmat apapun yang diberikan Allah. Orang yang bertakwa selamanya akan merasa kaya. Karena perasan miskin datang pada orang yang hatinya selalu tidak merasa cukup. Sebanyak apapun harta yang diberikan Allah kepadanya kalau tidak Qanaah akan tetap merasa dirinya miskin.
3. Wara’ ; artinya apik, teliti, hati-hati. Orang yang bertakwa akan mempunyai sifat hati-hati dalam setiap tindakannnya, karena takut Allah murka kepadanya. Bila bicara akan selalu hati-hati, karena takut akan menyakiti orang lain yang akibatnya Allah jadi murka kepadanya. Kalau dalam bidang usaha, orang bertakwa akan selalu hati-hati, karena takut kena barang haram. Jadi apapun tindakannya hatinya selalu bertanya ” Apakah Allah Ridha akan ini….?
4. Yakin, Orang yang bertakwa akan punya keyakinan yang kuat, tidak mudah goyah terhadap apa yang dilihat mata, didengar telinga. Hatinya selalu yakin akan kebesaran san kekuasaan Allah SWT. TAkan takut menghadapi kepahitan hidup, takan tergelincir mengahdapi cobaan yang menggiurkan.

itulah sekelumit tentang sifat-sifat orang yang bertakwa, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang terpuji lainnya yang dimiliki orang yang bertakwa. Alhasil takwa adalah kata yang mudah dikatakan namun terlalu sulit untuk dilaksanankan.


Tinggalkan komentar

Kategori