Oleh: Robby Fauzan Taufiq Rahman | Mei 21, 2009

Agar kita Bisa IKHLAS

Iman, Islam, Ihsan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, artinya satu sama lain saling mendukung. Iman saja tidak cukup kalau tidak islam, karena Iman adalah kumpulan dari tekad hati, ucapan lisan dan amalan anggota tubuh. Orang tidak cukup mengaku Iman, karena harus disertai islam (ketundukan) , begitupun islam tidak cukup kalau tidak ada iman dalam hatinya. Iman dan Islam saja tidak cukup karena harus diikuti keikhlasan dalam segala amalnya, artinya segala amal yang dilakukan harus semata-mata karena Allah. Karena amal apapun yang tidak didasari keikhlasan jelas akan ditolak.
Keikhlasan itu sendiri sangat sulit dilakukan, namun ada cara untuk kita agar bisa beramal dengan ikhlas, di antaranya dengan mengubur diri di tanah yang kosong sebelum kita masuk kubur yang sebenarnya ( maksudnya uzlah) mengasingkan diri dari makhluk. Karena mungkin dengan jalan jauh dari makhluk kita takan ‘riya’ ya mau riya pada siapa kan kita hanya sendiri???
Karena itu seringlah menyendiri bertamu ke kubur (memikirkan kubur) sebelum benar-benar dikubur.
Dikubur /pendam ada dua macam :
1. dikubur dengan badannya, (uzlah bidayah)
2. Mengubur hati saja, badan kita tetap bergaul dengan orang lain. Cuman apa yang dilihat mata tidak terlihat oleh hati, dan apa yang kita dengar oleh telinga hati kita tidak ikut mendengar.
Tapi uzlah seperti ini, sangat sulit kalau hati masih mencintai dunia…

catatan : Kubur di sini bukan arti kubur yang sebenarnya

bagi yang ingin maslah ini diperjelas silahkan kirim email : hasbiyallah99@ymail.com


Tinggalkan komentar

Kategori